Tradisi Grebeg Di Yogyakarta ( Cieeee Rebutan! )

Oktober 12, 2016 Eny Novi 0 Comments

Gunugan aja direbutin, masa aku engga!
Gunungan Wadon
Yuhuuuu halo semua…. Kalian pernah denger apa itu grebeg?  Itu loh kalo ada sepasang manusia yang bukan suami istri lagi di hotel melati  terus di grebeg deh sama polisi?!!! Fix bukan itu yang aku mau bahas! Terus grebeg apaan?  Lanjutin dulu bacanya sampai habis entar juga tau apa!
Grebeg yang aku maksud ini adalah tradisi rutin yang digelar oleh Kraton Yogyakarta. Grebeg ini diadakan 3 kali dalam setahun  yaitu saat Maulid Nabi, Syawal, dan Besar. Dan……. Yang aku datengin kemarin pada tanggal 13 kemarin adalah Grebeg besar. Sebenernya gue udah sering sih liat grebeg, dari dulu waktu aku masih benih dan kalo liat grebeg kudu naik bus kopata jalur 4 yang bikin mabok, sampai sekarang aku udah gede dan n selalu datang diacara ini! Why??? Karena emak  -_- emak ku suka acara ginian 
Masjid Kauman Yogyakarta. Salah satu tempat untuk memperebutkan Gunungan


Kenapa emak-emak suka datang ke acara ini? Yak sebenarnya sih ga cuma emak-emak bapa-bapak juga ada, tapi kalo remaja sih……. Ada tapi biasanya adalah anak-anak sekolah yang punya tugas buat ngeliput acara ini! Biasanya anak pariwisata ( yak aku juga anak parwi btw :v ) ok kembali ke topic, kenapa emak-emak dan bapak-bapak (eh orang sepuh ada juga sih, tapi ga banyak) suka datang ke acara grebeg ini? Alasanya adalah………………… karena mereka selo wakaka ( ga deng ).
Gunungan Lanang. Isinya kebanyakan kacang panjang. Ada telor asinnya juga loh enak :D
" Didoain dulu lah biar berkah "
 Meski mereka ga selo alias sibuk, tapi tetep deh banyak yang meluangkan waktu buat acara grebeg ini. Kenapa? Karena  mereka mau ngerebutin gunugan. Yak gunungan di grebeg ini adalah gunungan yang isinya hasil bumi. Dan para warga disini percaya kalo semua yang ada di gunungan itu membawa berkah…  jadi mereka  rela datang dan ngerayah atau bahasa Indonesiannya memperebutkan?
Ciee dibuat rebutan :D awas pak awas buk dompetnya, anaknya, pacarnya hayoo jangan sampe direbut yang lain
Prosesi Grebeg sendiri  dimulai dari keluarnya prajurit-prajurit dari Kraton, terus Gunungannya dibawa ke beberapa tempat yaitu, Masjid gede Kauman, Pakualaman, sama Kepatihan dan yang paling akhir dirayah alias di rebutin adalah yang di masjid Kauman. Dan aku cuma liat yang di Masjid Kauman aja. setelah di Doakan Gunungan pun di rebut oleh orang-orang. Nah saat inilah deg-degan terjadi? kenapa??? karena semua orang tuh berebut ga peduli nyenggol sana nyenggol sini pepet sana pepet sini. dan..... kesempatan bagi orang-orang jahat beraksi...
Udah habis buk! udah-udah yang belum kebagian Tahun depan kesini lagi :) Insyaallah umur panjang :D
 
jadi ya gaes, buat kalian yang ga punya nyali mending totonin aja dari kejauhan biar aman dan tentram. meskipun guungannya ga cuma 1 yang direbutin tapi tetep aja gunungan yang paling sering diserbu tuh Gunungan Lanang yang isinya tuh kebanyakan katjang panjang/? :v



Well, bagi kalian yang belum pernah ke jogja kuylah  ke jogja. Apalgi pas ada grebeg macem ini. gue saranin sih kesini pas Maulid Nabi gaes, soalnya pas Maulid Nabi ada acara sekaten juga plus ada pasar malem!

Udah ah cincongnya, semoga bermanfaat dan bikin kalian pengen ke Jogja. dan kalo kalian ke Jogja sini gue jadi GUIDE :V GRATIS DAH... Tapi ntar kasih makan sama  tiket dibayarin :v
See you!

You Might Also Like

0 komentar:

Jangan malu menyapa dan bersuara.^^ Gunakan kalimat yang sopan ya babess^^